Senin, 06 Mei 2013

Pengaruh IPTEK pada psikologi lingkungan.

a.      Pengaruh IPTEK pada psikologi lingkungan.
Pada masa sekarang ini indonesia sedang mengalami transformasi besar-besaran baik akibat perubahan kondisional, seperti pertambahan jumlah penduduk yang luar biasa, maupun interaksi yang intensif antara kebedayaan asli dengan budaya mancanegara, khususnya melalui jaringan komunikasi yang sangat canggih seperti televisi dan internet.
Pertumbuhan penduduk yang pesat telah membawa dampak perubahan perilaku yang dahsyat. Semula, komunitas primordial dapat memenuhi kebutuhan pokok anggota-anggotanya. Kini, pertambahan penduduk yang pesat menghancurkan kepentingan komunitas tersebut.
Perubahan psikologi lingkungan yang deras juga terjadi akibat interaksi antara sistem kebudayaan yang berbeda-beda. Ambilah contoh perilaku masyarakat desa yang sudah pindah ke kota besar. Mereka cenderung menjadi orang-orang yang hedonis, konsumtif dan kapitalis karena beranggapan bahwa sikap semacam itulah yang dinamakan sikap manusia modern.
Lingkungan kota sangat berbeda dengan lingkungan desa. Jika lingkungan kota adalah lingkungan pekerja yang dekat dengan tekonologi canggih, seperti karyawan pabrik yang akrab dengan mesin-mesin dengan tekonologi tinggi atau karyawan kantor yang akrab dengan media komputer, sementara masyarakat desa akrab dengan lingkungan alam karena kebanyakan mereka bekerja sebagai petani.
Maka jelaslah secara perilaku dan psikologi lingkungan. Masyarakat kota dan desa akan jauh berbeda. Meskipun tidak menutup kemungkinan masyarakat desa pun sudah mnegnal tekonologi seperti internet, sehingga pengaruh budaya luar dengan mudah masuk kedalam isme mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar