Berbicara
tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu.
Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya
berdasarkan adanya kesamaan.
Menurut
Kertajaya Hermawan (2008), Arti Komunitas adalah
sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya,
dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para
anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.
Definisi
Komunitas Online
Komunitas
Online adalah kumpulan pengguna internet yang membentuk satu wadah karena
memiliki persamaan tujuan, hobby, aktivitas, atau lainnya.
Namun menurut beberapa tokoh mengartikan
Komuitas Online itu adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul
bersama untuk berbagi sense of community sebagaimna orang-orang yang tidak
saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, di dalam sebuah situs
internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi akses kepada
ingkungan social, layanan kumunitas, informasi resmi dan layanan e-commerce
kepada penghuninya (Ferguson et al., 2004).
Anda
dapat membangun komunitas online dengan membuat group ataupun mailing list
(millist) kemudian mengajak teman, saudara, atau siapa saja untuk bergabung
dalam komunitas online yang anda buat. Namun anda dapat lebih mudah jika
langsung bergabung dengan komunitas online yang telah ada.
Ada beberapa
contoh dari kumunitas online, di antaranya Coin a Chance, Komunitas Indonesia
Berkebun, Komunitas Blood for Life. Coin a Chance ini, mengajak masyarakat untu
mengumpulkan koin yang kemudian disumbangkan untuk anak-anak
Indonesia yang putus sekolah. Lalu, komunitas Indonesia Berkebun ini melakukan
gerakan cinta alam dengan mengajak masyarakat menanam pohon dan menciptakan
lahan hijau ditengah kota. Blood for Life, mengajak dan menyadarkan
masyarakat untuk menyumbangkan darahnya demi kelangsungan hidup orang lain.
Dengan adanya komunitas online maka anda juga
dapat memasarkan produk bisnis yang dimiliki ke anggota komunitas online
lainnya, tentu saja pengiklanan ini harus satu arah dengan tujuan komunitas
online tersebut dibentuk jangan sampai nanti anda dikeluarkan oleh pemilik
groups karena kesalahan anda tersebut.
Sifatnya yang relatif
bebas
Media & komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas dalam artian yang amat luas. Bebas
kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari
interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan
bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
·
Bebas
Kepemilikan
Media dan komunitas online memang
dibuat oleh suatu pihak (personal/institusi) namun, begitu informasi ada di
dunia maya maka informasi tersebut akan menjadi konsumsi publik yang berarti
akan bisa direproduksi dan direvisi sesuai kepentingan publik tersebut. Maka
jangan heran jika muncul manipulasi informasi.
·
Bebas
sekat sosial
Media dan komunitas tidak
mengenal sekat-sekat sosial layaknya media/komunitas di dunia nyata (offline).
Tidak ada atasan atau bawahan. Tidak ada pemilik informasi langgeng dan
penerima informasi langgeng. Semuanya saling bertukaran, semuanya saling
memberi dan menerima informasi hingga level tertentu. Tidak ada pembedaan antar
pengguna internet dikarenakan status sosialnya di dunia nyata, dikarenakan
potensi anonimitas internet itu sendiri.
·
Bebas
interfensi
Hingga titik tertentu, semua
media atau komunitas internet bebas interfensi pihak luar. Kecuali adanya
pelanggaran hukum (umumnya bersifat regional), maka informasi yang beredar di
dunia maya adalah bebas dibuat, dimanipulasi dan diakses untuk disebarluaskan
kembali oleh siapapun kepada siapapun.
·
Bebas
jarak, ruang & waktu
Keunggulan utama informasi yang
disebarkan melalui media/komunitas online adalah tidak adanya batasan jarak,
ruang dan waktu. Artinya informasi tersebut akan bisa menjangkau dan dijangkau
oleh siapapun, di manapun, kapanpun(24/7), selama yang bersangkutan terkoneksi
dengan layanan internet. Artinya, semua pihak, terutama korporat mempunyai
kesempatan yang amat luas untuk berkampanye tentang semua hal, terutama
produk/layanannya, kepada khalayak yang amat luas, tanpa dibatasi jarak, jam
tayang, format informasi, batasan usia publik, waktu dan sebagainya jika mau dan
mampu menggunakan media dan komunitas online.
Sumber :
Rizka Cila, 22 Oktober 2013, Komunitas Online,http://carapedia.com/pengertian_definisi_online_info2193.html, 29
Oktober 2013
Yosua, 4 Maret 2011, Komunitas
Online dan Peranannya dalm Masyarakathttp://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/, 29 Okotber 2013
Nabilah Tsabitah, 21 Oktober 2012,
Komunitas Online, http://nabilahtsabitah.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html, 29 Oktober 2013
Filza Icha, 21 Oktober 2012, Komunitas Online,http://filzaicha.blogspot.com/2012/10/tugas-softskill-psikologi-dan_21.html, 29
Oktober 2013
Rizka Acil, 22 Oktober 2012, Komunitas Online dan Polarisasi
Kelompok-Kelompok Kerja,http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/, 29
Oktober 2013
thanks ya infonya !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
iya sama :) maaf baru balas
BalasHapus