Sabtu, 18 Oktober 2014

Manfaat Perencanaan dan Jenis Perencanaan dalam Organisasi (Minggu ke 3)

A. Manfaat Perencanaan
            Sebagai langkah awal dari kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan, perencaaan memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut :
1.      Perencanaan dapat membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan terorganisasi menuju arah yang sama.
2.      Perencanaan yang disusun berdasarkan penelitian yang akurat akan menghindarkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.
3.      Perencanaan memuat standar-standar atau batas-batas tindakan dan biaya sehingga memudahkan pelaksanaan pengawasan.
4.      Perencanaan dapat digunakan sebahai pedoman dalam melaksanakan kegiatan, sehingga aparat pelaksana memiliki irama atau gerak dan pandangan yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

B. Perencanaan Organisasi
1.      Perencanaan Strategis
Rencana strategis yaitu rencana yang dikembangkan untuk mencapai tujuan strategis. Tepatnya, rencana strategis adalah rencana umum yang mendasari keputusan alokasi sumber daya, prioritas dan langkah-langkah tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis.
2.      Perencanaan Taktis
Adalah rencana ditujukan untuk mencapai tujuan taktis, dikembangkan untuk mengimplementasikan bagian tertentu dari rancana strategis. Rencana strategis pada umumnya melibatkan manajemen tingkat atas dan menengah. Jika dibandingkan dengan rancana strategis, memiliki jangka waktu yang lebih singkat dan suatu fokus yang lebih spesifik dan nyata.
3.      Perencanaan Operasional
Rencana yang menitikberatkan pada perencanaan rencana taktis untuk mencapai tujuan operasional. Dikembangkan oleh manajer tingkat bawah dan tingkat menengah, rencana operasional memiliki fokus jangka pendek dan lingkup yang relatif lebih sempit. Masing-masing rencana operasional berkenaan dengan suatu rangkaian kecil aktivitas. Kami menjelaskan perencanaan dengan lebih mendekati pada bagian selanjutnya.
Contoh Kasus :
            Ibu Rina ingin membuat suatu rencana bisnis yang bergerak dalam  bidang restoran Sunda yaitu Restoran Meuni Resep Sudirman Park. Restoran Meuni Resep merupakan restoran dengan cita rasa tradisional asli dari daerah Sunda. Misi restoran ini adalah menyediakan makanan dan minuman dengan rasa yang enak dan pelayanan yang baik, cepat dan higienis demi meningkatkan penghasilan. Kunci sukses dari restoran sunda ialah lokasi yang strategis, rasa makanan yang lezat, pelayanan yang diberikan terjaga kebersihan dan kualitasnya serta brand yang cukup dikenal. Restoran Meuni Resep Sudirman Park merupakan franchise dari PT. Meuni Resep dimana terdapat tiga orang investor yang menanamkan modalnya.
            Lokasi yang strategis ini berada pada salah satu rumah kantor Sudirman Park yang terletak paling depan hingga terlihat dari jalan raya. Alasan utama pemilihan lokasi restoran di Sudirman Park ialah :
·         Berada di antara gedung-gedung perkantoran paling sibuk di Jakarta yaitu jalan Jend. Sudirman dikelilingi oleh hotel mewah dan apartemen-apartemen kelas menengah-atas dan kelas menengah termasuk apartemen Sudirman Park sendiri yang berjumlah lebih dari 2200 unit apartemen.
·         Terdapat sekolah dengan kapasitas murid sebanyak 2000 orang perharinya.
·         Bebas 3 in 1, bebas banjir dan dilewati oleh monorail.
Setelah menganalisa situasi sekitar lokasi, pembahasan berlanjut pada kebutuhan dan analisa pasar yang ada dan menentukan segmen mana yang dijadikan target pasar dan positioning yang diinginkan.

Sumber :
S. Alam,.Ekonomi.Jakarta : Penerbit Esis
Xiaolichen14.wordpress.com
Libui.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar